Nasib apes dialami Mario Aji (Honda Team Asia) di seri Moto3 Catalunya, Spanyol, Minggu, 5 Juni 2022. Pembalap asal Magetan, Jawa Timur, ini terjatuh di tikungan 12 pada lap ke-8.

“Sulit untuk diterima karena saya merasa memiliki pilihan untuk berada di grup teratas,” kata Mario Aji dalam keterangan resmi.

Mario Aji mengawali balapan di Circuit de Barcelola dari posisi 19. Ia sempat melebar dan tercecer di urutan 24. Saat tiga pembalap di depan terjatuh, Mario Aji sempat naik untuk bertarung memperbutkan poin. Sayang, memasuki tikungan 12 ia terjatuh dan gagal melanjutkan lomba. “Sekarang saatnya fokus menghadapi seri berikutnya di Sachsenring,” ujar dia.

Nasib apes juga dialami rekan satu timnya, Taiyo Furusato, yang juga terjatuh. “Saya terjatuh di tikungan yang sama seperti ketika di latihan. Meski demikian saya belajar banyak di Catalunya. Kami akan melakukan evaluasi untuk persiapan seri berikutnya,” kata Furusato.

Tim Manager Hiroshi Aoyama menyamapian bahwa seri Catalunya tidaklah mudah untuk kedua pembalap rookie Honda Team Asia. Ia menyebut Furusato melakukan start yang bagus, tetapi pembalap lain menyenggolnya dan kehilangan beberapa posisi.

“Mario Aji berada di grup atas tetapi juga kehilangan beberapa posisi dengan insiden yang mirip seperti Furusato,” kata Aoyama.

Mario, dia melanjutkan, sedang bertarung memperebutkan poin tetapi terjatuh.

“Ini bukan hasil yang ideal, tetapi bagusnya kedua pembalap tidak mengalami cidera dan sekarang kami bersiap untuk menghadapi seri berikutnya di Jerman.”

Dalam balapan ini, total ada 8 dari 30 starter yang gagal finis. Bagi Mario Aji, ini adalah gagal finis pertamanya sepanjang musim 2022 yang sudah menyelesaikan 9 seri.

Sementara itu, juara untuk seri ini adalah Izan Guevara (Jepang/GASGAS Aspar Team) disusul David Munoz (Spanyol/BOE Motorsports) di posisi kedua dan podium ketiga adalah Tatsuki Suzuki (Jepang/Leopard Racing).

Leave a Reply

Your email address will not be published.